MENGGUNAKAN FUNGSI-FUNGSI EXCEL
Berikut ini saya jelaskan cara-cara menggunakan fungsi-fungsi Excel seperti fungsi NOT, OR, AND, SUM, AVERAGE, IF, COUNTIF, VLOOKUP dan lainnya. Dengan mengetahui fungsi-fungsi tersebut kita bisa menggunakannya untuk bermacam hal terutama pengolahan suatu data. Jadi sangat besar manfaatnya. Dibawah ini adalah cara-cara menggunakannya.
Menggunakan fungsi NOT
Fungsi NOT digunakan untuk menentukan nilai benar atau salah (TRUE atau FALSE) yang berlawanan. Maksudnya adalah pernyataan benar jadi salah dan pernyataan salah jadi benar. Contohnya sebagai berikut:Jika pada cell B2 diisi dengan fungsi
=NOT(A2=5) maka hasilnya FALSE (salah) yang seharusnya TRUE (benar).
=NOT(A2˃5) maka hasilnya TRUE (Benar) yang seharusnya FALSE (salah).
Menggunakan fungsi AND
Fungsi AND digunakan untuk mementukan suatu nilai TRUE atau FALSE (Benar atau Salah) untuk satu atau lebih pernyataan. Jika pernyataan lebih satu, menghasilkan TRUE jika semua pernyataan terpenuhi, jika tidak akan menghasilkan FALSE (Salah). Contohnya sebagai berikut:
Jika cell B2 diisi:
=AND(A2˃1;A2˂10) maka hasilnya TRUE (benar) karena B2 = 5 artinya 5 lebih dari satu dan kurang dari 10, semua pernyataan terpenuhi.
=AND(A2˂1;A2˃4) maka hasilnya False (salah) karena salah satu pernyataan salah.
Jika cell B2 diisi:
Menggunakan fungsi OR
Fungsi OR mirip seperti AND, perbedaannya adalah OR akan menghasilkan TRUE jika semua pernyataan atau salah satu pernyataan terpenuhi (AND menghasilkan TRUE jika semua pernyataan terpenuhi). Contohnya sebagai berikut:
Jika cell B2 diisi:
=OR(A2˃4;A2˂3) maka hasilnya TRUE karena salah satu pernyataan benar
=OR(A2˂4;A2˃10) maka hasilnya FALSE karena semua pernyataan salah.
Menggunakan fungsi IF
Fungsi IF digunakan untuk menentukan suatu fungsi kedalam bentuk pernyataan yang kita inginkan (pernyataannya bebas).
Jika B2 diisi:
=IF(A2˃4;"Sayah";"Kamu") maka menghasilkan Sayah. Sayah dihasilkan jika pernyataan benar sedangkan jika pernyataan salah akan menghasilkan Kamu.
=IF(A2˂3;"Mereka";"Dia") maka hasilnya Dia karena pernyataan salah.
Menggunakan fungsi IF AND
Fungsi IF AND digunakan untuk mengubah hasil TRUE atau FALSE kedalam pernyataan yang kita inginkan.
Jika B3 diisi:
=IF(AND(1˂A2;A2˂10);"Soni";"Joni") maka hasilnya Soni karena kedua pernyataan benar.
Jika cell A7 diisi:
=VLOOKUP(E7;A2:B5;2;FALSE) maka jika kita mengetik angka 1 pada cell E7 (warna biru) maka pada cell A7 menghasilkan meja, jika angka 2, A7 menghasilkan kursi dan seterusnya. Nah itu kira-kira kegunaan dari fungsi VLOOKUP.
=IF(AND(A2˂10;A2˃6);"Riki";"Raka") maka hasilnya Raka karena salah satu pernyataan salah.
Menggunakan Fungsi COUNTIF
Fungsi Countif digunakan untuk menghitung banyaknya angka, huruf atau kata yang terdapat dalam suatu range tertentu.
Jika cell B2 diisi:
=COUNTIF(A2:A10;6) akan menghasilkan 5 karena banyak angka 6 pada rentang A2 sampai A10 adalah 5 (silahkan hitung sendiri angka 6-nya)
=COUNTIF(A2:A10;4;) akan menghasilkan 2.
Menggunakan Fungsi MAX dan MIN
Fungsi MAX digunakan untuk menentukan angka tertinggi dalam suatu rentang tertentu yang kita inginkan sedangkan fungsi MIN untuk menentukan angka terkecil dalam rentang yang kita tentukan. Contohnya lihat tabel pada countif. Jika B2 diisi:
=MAX(A2:A10) maka menghasilkan 6 karena angka tertinggi pada rentang A2 sampai A10 adalah 6.
=MIN(A2:A10) maka hasilnya 3 karena nilai terkecil untuk rentang tersebut 3.
Menggunakan Fungsi SUM
Fungsi SUM digunakan untuk menghitung jumlah angka untuk rentang yang kita tentukan. Contoh lihat tabel countif. Jika cell B2 diisi:
=SUM(A2:A10) maka hasilnya 44.
Menggunakan Fungsi AVERAGE
Fungsi AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai rata-rata pada rentang data yang kita tentukan. Contoh lihat tabel Countif. Jika cell B2 diisi dengan:
=AVERAGE(A2:A10) maka hasilnya 4,888.
Menggunakan fungsi VLOOKUP
Penggunaan fungsi VLOOKUP bisa diperhatikan gambar dibawah.Jika cell A7 diisi:
=VLOOKUP(E7;A2:B5;2;FALSE) maka jika kita mengetik angka 1 pada cell E7 (warna biru) maka pada cell A7 menghasilkan meja, jika angka 2, A7 menghasilkan kursi dan seterusnya. Nah itu kira-kira kegunaan dari fungsi VLOOKUP.